Sabtu, 12 Februari 2011

Opini kita "

Gimana sih dengan budaya kita?
Indonesia, ya saat kita mendengar kata Indonesia, tentu terlintas di benak kita akan Negara yang beragam budaya, karya, dan kekayaan alamnya. Lalu bagaimana cara menjaga warisan budaya kita?
Tentu hal ini menjadi tanggung jawab kita semua dan generasi muda. Sepertinya hal ini berfokus pada kesadaran diri kita masing-masing akan berharganya budaya Indonesia. Sebagai generasi muda, kita seharusnya pintar-pintar menjaga, melestarikan serta mengembangkan segala keragaman budaya yang telah ada. Jangan sampai budaya kita hilang dan diakui Negara lain.
Kurangnya kesadaran akan pentingnya nilai budaya, akan mangurangi keragaman budaya pada Negara kita. Banyak sekali warisan budaya yang kita miliki, seperti tarian tradisional, gamelan, lagu daerah, kain batik, bahkan kekayaan dari alam yang kita miliki. Tentu saja dengan adanya semua itu, Indonesia menjadi salah satu Negara yang kental akan budaya. Berkembangnya segala warisan budaya, tentu tergantung bagaimana diri kita bisa melestarikan dan menjaga.
Contohnya, kain batik. Sebagai warga Indonesia kita tentu mengenal kain batik. Rasa cinta kita terhadap kain batik tidak hanya seperti mengenakan kain batik, tetapi dalam diri kita sendiri. Bila tidak mencintai budaya dari dalam diri kita, maka itu akan sia-sia.
Nah, dari sekarang, lebih baik kita mulai mengenal ragam budaya Indonesia. Dengan mengetahui segala ragam budaya kita, kita dapat berfikir dan berusaha menjaga itu semua….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar